Cara Edit PDF Dengan Cepat dan Mudah

PDF adalah salah satu format dokumen yang paling umum kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari. Format dokumen ini memang digunakan ketika kita sudah mengunci isi maupun format penulisan dari tulisan yang kita buat agar tidak ada yang mengubahnya lagi dan bisa langsung di print. Namun sebenarnya ada cara edit PDF dengan cepat dan mudah yang bisa kita tempuh jika kita ingin mengedit PDF dengan menggunakan komputer. Anda akan bisa mengganti semua isi yang ada di dalam file PDF tersebut.
Cara Edit PDF Dengan Cepat dan Mudah
Namun sebelum Anda mempraktekkannya, Anda perlu tahu bahwa kadang ada PDF yang dilindungi dengan proteksi enkripsi sehingga kita tidak akan bisa mengeditnya dengan menggunakan cara apapun. Jadi jika Anda sudah mencoba berbagai cara edit PDF dengan cepat dan mudah berikut dan tetap tidak bisa diedit, mungkin file PDF tersebut memang diberikan proteksi oleh pembuatnya.
Jika Anda ingin mengedit file PDF yang seperti itu maka satu-satunya cara adalah dengan mengontak pembuatnya dan kemudian meminta versi yang tidak diberikan proteksi. Cara edit PDF dengan cepat dan mudah ini dilansir dari WikiHow.

Cara Edit PDF Menggunakan Aplikasi Software

Salah satu cara edit PDF dengan cepat dan mudah adalah dengan menggunakan aplikasi edit PDF. Aplikasi-aplikasi semacam ini ada banyak jenisnya dan berbagai macam pula fitur yang ditawarkannya. Adobe Acrobat dan Soda PDF adalah 2 aplikasi software yang banyak dipilih orang karena menawarkan fitur edit yang sangat banyak dan beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan.
Anda akan bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari dua aplikasi edit PDF ini. Pada dasarnya, penggunaan aplikasi edit PDF semacam ini hampir sama dengan penggunaan Office yang ada di komputer Anda. Anda tinggal membiasakan diri untuk lebih memahami cara kerjanya.

Cara Edit PDF Menggunakan Aplikasi Web Online

Jika Anda tidak mempunyai aplikasi software edit PDF yang ada di komputer Anda, maka Anda bisa menggunakan aplikasi web yang disediakan oleh banyak pengembang agar Anda bisa mengedit PDF dari kapanpun dan di manapun Anda mau. Salah satu situs edit PDF yang banyak dikunjungi adalah pdfbuddy.com. Situs-situs semacam ini sangat praktis untuk digunakan karena Anda tinggal membuka situs mereka, mengupload dokumen PDF, dan mengeditnya secara online untuk kemudian bisa Anda save dan Anda unduh kembali.

Cara Edit PDF Menggunakan Konverter

Selain menggunakan kedua cara di atas, mengedit file PDF juga bisa dilakukan dengan menggunakan software converter. Software semacam iini juga banyak sekali yang membuat dan bisa Anda unduh secara gratis. Jika Anda sudah memiliki software semacam ini, Anda tinggal mengconvert PDF menjadi file Word untuk kemudian bisa Anda edit secara manual dan disave. Setelah itu, tinggal convert ulang dari Word menjadi PDF dengan konverter yang sama. Cara ini banyak dipilih orang karena biasanya software konverter berukuran sangat kecil, ringan untuk dijalankan, dan sangat mudah dimengerti ketimbang kedua cara lainnya di atas.

Begitulah cara edit PDF dengan cepat dan mudah yang bisa Anda praktekkan sendiri. Tentu Anda harus sadar bahwa cara-cara ini hanya bisa digunakan pada PDF yang terdiri dari tulisan. PDF yang berisikan gambar, misalnya hasil scan, tidak akan bisa diedit dengan menggunakan cara-cara di atas.

Written by : Unknown ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 1:13 PM

0 comments:

Post a Comment