Tips Sukses di Awal Bisnis

Menurut Salah satu pakar bisnis yang bernama Dr. Mary Jo Gorman, beliau mengatakan untuk bisa menjadi sukses dalam berbisnis salah satu yang penting adalah kemampuan delegasi. Membangun tim yang solid akan membuat bisnis berjalan lebih baik.
Beliau menyimpulkan ada 3 kesalahan yang yang sering dilakukan pebisnis yang masih pemula :

Tips Sukses di Awal Bisnis
ilustrasi sukses dibisnis

1. Seringkali fokus pada hal-hal kecil, sehingga mengabaikan sisi bisnis dari skala besar atau kacamata luar.
2. Karena sendiri, menjadikan kurang bertukar pikiran padahal ini bisa memberi masukan dan mengembangkan cara berpikir.
3. Dengan menjalankannya seorang diri merasa berada di zona nyaman.
Jadi untuk mengatasi 3 hal diatas ada beberapa tips yang dapat anda terapkan :

  • Putuskan mana yang bisa dikerjakan sendiri dan mana yang perlu didelegasikan pada orang lain. Suatu usaha akan menjadi lebih mudah dijalani ketika seorang entrepreneur lebih fokus pada apa yang ingin dia lakukan, misalnya pada penjualan dan pemasaran, bertemu para klien penting dan membangun jejaring dipasar yang potensial.
  • Fokus pada perkembangan bisnis. Sekali anda memberikan kepercayaan pada tim untuk menjalankan operasional dan mengurus kantor maka anda memiliki kesempatan untuk fokus pada pengembangan bisnis agar menjadi lebih besar.
  • Petakan tujukan yang ingin anda capai untuk memudahkan proses delegasi, tentukan tujuan dan target yang ingin dicapai dengan jelas sehingga pada akhirnya berjalan dengan baik dan seperti yang diharapakan.
  • Pilih orang yang tepat ketika anda ingin mendelegasikan pekerjaan pada seseorang. Pastikan proses penyaringan berjalan efektif agar memperoleh sdm yang mahir dan bisa dipercaya untuk menuntaskan pekerjaan tanpa harus melakukan pelatihan lagi. Pastikan karyawan yang anda pilih adalah seseorang yang memiliki visi dan misi dalam tiga atau lima tahun yang akan datang.
  • Mengatur ekspektasi. Jangan memberikan harapan yang muluk-muluk pada orang yang pilih untuk bekerja sama. Jangan memberi jabatan diposisi puncak seperti manager sementara kinerjanya tidak sesuai. Karyawan yang tidak berkompeten hanya akan menyusahkan dan menjadi distraksi untuk perkembangan bisnis.
  • Pentingnya konsultan atau tim penasehat, dapat membantu mengarahkan bisnis menuju ke arah yang lebih baik. memberi masukan akan strategi dan mengingatkan jika salah. Dengan begini arah perkembangan bisnis menjadi lebih jelas dan menjanjikan.
Itulah beberapa tips yang dapat anda awali untuk memulai kesuksesan anda. Semoga bermanfaat.

Written by : Dr Fillophy ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 10:31 AM

1 comments:

  1. Hi. I really enjoyed my brief visit on your site and I’ll be sure to be back for more.
    Can you please consider placing my website on your link list?

    Please email me back.

    Thanks!
    Kevin
    kevincollins1011 gmail.com

    ReplyDelete