Tips Saat Interview Kerja

Kualifikasi dan track record atau pengalaman kerja memang menentukan seseorang dapat diterima kerja saat di interview atau wawancara. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja, jika anda ingin diterima bekerja anda harus berhasil memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja. Percuma saja jika anda adalah seseorang yang sangat ahli disuatu bidang pekerjaan tertentu namun anda memberikan suatu kesan yang tidak baik pada saat wawancara kerja. Segala kualifikasi dan keahlihan yang anda miliki akan hilang begitu saja karena orang yang mewawancarai anda merasa tidak yakin dengan pembawaan anda sebagai individu yang nantinya akan bekerja di perusahaan tersebut. 

Tips Saat Interview Kerja
Ilustrasi interview kerja

Mari kita simak beberapa Tips saat interview kerja dibawah ini :

1. Siapkan surat pengantar dan resume
Siapkan surat pengantar dengan kata-kata yang baik, dan memberikan kesan yang baik kepada perusahaan yang ingin anda lamar. Usahakan surat pengantar anda mudah dibaca dan dimengerti oleh pihak perusahaan, sehingga akan mempermudah proses interview nantinya.
Usahakan juga untuk menggunakan bahasa-bahasa yang tepat yang mengindikasikan bahwa anda mempunyai kualifikasi dan sangat tertarik untuk berbagung dengan perusahaan tersebut. Namun usahakan untuk tidak terlihat arogan. Jika surat pengantar anda sudah tertulis dengan baik maka secara otomatis resume anda akan lansung menjadi poin tambahan yang akan mendukung proses pencarian kerja anda, tuliskan semua kelebihan anda pada resume tersebut mulai dari pengalaman kerja anda dan penghargaan yang anda dapatkan bila perlu. (usahakan untuk memberikan resume yang sedetilnya)

2. Berpakaian Rapi
Pakaian yang rapi juga memberikan nilai tambah saat proses interview kerja, dibanding anda memakai pakaian ala kadarnya. Anda akan kelihatan lebih profesional dengan berpakaian rapi.
Selain itu, berpakaian yang rapi juga adalah sebuah dress code yang sangat netral dalam situasi apapun, karena disitu anda bertujuan untuk memberikan suatu kenyamanan baik bagi diri anda sendiri maupun pihak yang akan mewawancarai Anda.

3. Usahakan memakai bahasa indonesia yang baik dan benar bila anda diwawancara
Disini lebih baik anda memakai bahasa indonesia karena bahasa indonesia adalah bahasa nasional dan dapat dimengerti semua orang. Anda pun akan terlihat lebih intelektual dibanding anda memakai bahasa daerah. Jika anda belum terbiasa memakai bahasa indonesia, berlatihlah sebelum anda dipanggil untuk interview kerja.

4. Jaga tata krama dan kelakukan anda
Disini anda harus terlihat sopan dan profesional. Usahakan untuk memberikan kesan yang baik kepada pihak perusahaan sehingga perusahaan lebih percaya untuk merekrut anda.
Ikuti semua peraturan yang ada diperusahaan tersebut. Misalkan dilarang merokok, maka usahakan jangan merokok, walaupun anda seorang perokok yang aktif. Tahan saja sampai proses interview selesai. (Dan kebanyakan perusahaan melihat seorang perokok sebagai karyawan yang kurang baik, dan bahkan ditanyakan saat interview, pengalaman saya dulu.. hehehe untuk bukan perokok.)

5. Berdoa dan minta restu orang tua
Dan yang terakhir jangan lupa untuk berdoa sebelum anda pergi interview, dan mintalah restu kedua orang tua, karena doa orang tua sangatlah penting.
Jika orang didoakan oleh orang tua, kita akan terasa lebih percaya diri dan lebih siap untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.


Written by : Dr Fillophy ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 12:07 AM

0 comments:

Post a Comment