4 Tips Memilih Gadget yang Aman dan Cocok Untuk Anak

Perkembangan teknologi dewasa ini telah merambah berbagai lapisan masyarakat, tidak bisa dibendung, termasuk anak-anak, mau tidak mau mereka juga terkena imbasnya. Sejatinya mereka juga mempunyai hak untuk menikmati perkembangan teknologi itu, asalkan dipergunakan dengan baik dan terus mendapat pemantaun orang tua maka dampak negatif yang bisa timbul akibat teknologi itu bisa diminimalisir, namun dibutuhkan kebijaksanaan orang tua dalam memilihkan gadget yang cocok untuk anak, karena bagaimanapun juga, anak usia SD atau SMP yang sudah merengek-rengek minta dibelikan gadget tetap saja anak-anak yang apabila keinginannya dipenuhi tanpa pertimbangan justru akan kebablasan dan berimbas negatif terhadap masa depannya kelak. Berikut adalah tips memilihkan gadget yang aman dan cocok bagi anak.

4 Tips Memilih Gadget yang Aman dan Cocok Untuk Anak

1.Usahakan Memilih Gadget Dengan Tampa Koneksi Internet Personal
Bagaimanapun juga seorang anak yang diberikan akses internet secara personal dan bebas akan sangat rentan untuk digunakan pada tujuan yang negatif, oleh karena itu usahakan memilihkan gadget atau ponsel yang tidak memiliki akses internet personal agar selalu bisa diawasi dan dibimbing.

2.Hanya Sebagai Alat Komunikasi Jarak Jauh
Singkatnya, asal ponsel bisa dipakai untuk kirim SMS dan telpon-telponan itu sudah cukup bagi anak, adapun fitur dan fungsi tambahan yang canggih lainnya hanya sebatas bonus yang tentunya orang tua harus bijak dalam memberikannya kepada anak, disesuaikan dengan kondisi dan keadaan anak.

3.Awasi Penggunaan Pulsa
Idealnya anak dibatasi dalam penggunaan pulas jangan sampai lebih dari Rp 100.000 dalam sebulan, akan jauh lebih bijak jika memaki system pulsa isi ulang manual saja dari pada memakai sistem pascabayar (berlangganan), hal ini untuk membatasai penggunaan gadget tersebut dan menghindari kebablasan yang negatif.

4.Jangan Sampai Terpengaruh Tren
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa tujuan utama dan pokok pemberian gadget atau ponsel untuk anak adalah terpenuhinya kebutuhan komunikasi jarak jauh dengan keluarga, adapun mengikuti tren gadget terbaru maka bisa dipastikan bahwa tren tidak akan ada habisnya, selalu berubah dan berganti, walaupun memang di pasaran para vendor gadget banayk yang membidik segmen pasar anak muda dengan menyediakan gadget dengan harga miring, namun sekali lagi, jangan sampai masa keemasan mereka saat ini kita korbankan demi kepuasan untuk mengikuti tren yang tidak ada habisnya.
Blog, Updated at: 8:21 AM