Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi adalah sarana untuk menyediakan untuk memenuhi kebutuhan barang – barang yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupan manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana yang berguna bagi kebutuhan manusia. Perkembangan teknologi terbaru mencakup perkembangan teknologi Informasi dan komunikasi yaitu diciptakan dan ditemukannya beberapa alat yang dapat membantu memudahkan manusia dalam menjalin komunikasi yang sangat didambakan oleh setiap orang dalam kehidupan. Beberapa barang yang diciptakan oleh teknologi dan juga berhubungan dengan komunikasi adalah telephone, internet, dan mesin cetak. Terjalin tali silaturahmi meskipun harus dipisahkan oleh jarak dan waktu bukan suatu masalah ketika perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
gambar diambil dari www.shutterstock.com
Teknologi Informasi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah “Information technology” adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern.

Komunikasi adalah suatu proses interaksi antara 2 orang atau lebih yang menghasilkan suatu timbal balik dan dengan menggunakan alat bantu untuk menunjang keberhasilan dalam komunikasi. Teknologi yang berkembang pesat menjadikan proses komunikasi yang pada zaman dahulu dinilai sulit karena untuk berkomunikasi saja membutuhkan waktu berhari – hari dalam proses penerimanaan timbal balik karena menggunakan surat untuk alat berkomunikasi yang sangat sederhana. Teknologi komunikasi yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk membuat kenyaman dalam berkomunikasi yaitu dengan diluncurkannya handphone atau telepon genggam yang sangat nyaman digunakan dan tidak sulit untuk dibawa kemanapun bukan hanya itu handphone juga dinilai mampu membuat sang pengguna tidak kesulitan dalam berkomunikasi.


Salah satu teknologi komunikasi yang sedang marak digunakan oleh beberapa orang untuk saran berkomunikasi adalah internet karena internet dapat menghubungkan banyak orang secara bersamaan tanpa harus bertatap muka. Hal yang disediakan oleh internet adalah jejaring sosial karena dilihat dari namanya jejaring sosial yang berarti menghubungkan banyak orang untuk melakukan proses sosial yaitu komunikasi. Beberapa jejaring sosial yang sedang marak digunakan oleh banyak orang didunia diantaranya adalah : facebook, twitter, yahoo messanger dan lain sebagainya karena hanya perlu mengaktifkan internet dan memiliki account jejaring sosial tersebut sudah dapat berhubungan dengan banyak orang yang berada jauh disana meskipun terpisahkan oleh jarak yang sangat jauh.

Written by : Dr. Fillophy ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 4:08 PM