Cara Gampang Mereset Smartphone Samsung

Ketika smartphone Anda dirasa semakin lambat ketika mengoperasikan suatu aplikasi, mungkin penggunaan memori oleh aplikasi yang Anda install di smartphone Anda begitu membebani RAM sehingga ponsel Anda menjadi lambat atau lemot. Hal lain yang juga sering terjadi adalah ponsel Anda menjadi sering hang atau freeze ketika menjalankan suatu aplikasi yang memakan banyak memori.
 Cara mereset smartphone samsung
Terlalu banyak menginstall aplikasi memang membawa dampak yang begitu memberatkan bagi kinerja smartphone Samsung Anda. Masing-masing aplikasi ini biasanya memiliki background process nya sendiri-sendiri yang akan terus berjalan walaupun Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Jika Anda sudah frustasi menghadapinya, melakukan factory reset mungkin jadi satu-satunya pilihan bagi smartphone Samsung Anda. Factory Reset akan mengembalikan setting smartphone Anda menjadi seperti saat Anda baru saja membelinya. Namun yang perlu Anda ingat adalah jika Anda ingin melakukan Factory Reset, pastikan Anda sudah mem backup contact dan data-data yang ada dalam smartphone Samsung Anda termasuk foto, video, musik, dsb karena Factory Reset akan menghapus semua data tersebut. Semua aplikasi yang pernah Anda install juga akan hilang, jadi jika
Anda memiliki game pastikan datanya sudah diamankan atau game tersebut merupakan game online sehingga Anda tidak perlu mem backupnya.

Cara melakukan Factory Reset di Smartphone Samsung ketika ponsel menyala
  1. Buka Setting pada smartphone Samsung Anda
  2. Pilih menu Privacy
  3. Pada bagian Personal Data akan ada pilihan Factory Reset, pilih menu tersebut
  4. Anda akan diberi peringatan tentang bagaimana Factory Reset bisa menghapus semua aplikasi dan data yang ada di dalam smartphone Samsung Anda
  5. Ada dua jenis reset yang bisa dilakukan, yaitu reset yang juga menghapus data di SD Card dan reset yang tidak menghapus data di SD Card. Anda akan diberikan pilihan tentang hal tersebut, jika Anda tidak ingin menghapus data di SD Card jangan centang opsi tersebut
  6. Setelah Anda yakin pilih Reset Phone
  7. Anda sekali lagi akan diperingatkan mengenai resiko melakukan Factory Reset. Jika Anda benar-benar yakin pilih Erase Everthing atau Hapus Semua
  8. Tunggu hingga prosesnya selesai dan ponsel Samsung Anda akan seperti baru Anda beli (dilihat dari segi software, bukan hardware)
Cara melakukan Factory Reset di Smartphone Samsung ketika ponsel mati

Factory reset juga bisa dilakukan ketika smartphone Samsung Anda sedang mati. Hal ini biasanya dilakukan ketika ada masalah dengan booting up ponsel Anda sehingga Anda tidak bisa mengakses menu setting. Untuk melakukannya bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Pastikan smartphone Samsung Anda dalam keadaan mati, jika belum segera dimatikan saja
  2. Tekan tombol kombinasi unik untuk masuk ke dalam recovery mode. Perlu diingat di sini bahwa tombol kombinasi yang harus Anda tekan bisa berbeda-beda tergantung seri ponsel Anda. Anda bisa melakukan searching di internet untuk mengetahui tombol apa yang harus Anda tekan untuk masuk ke recovery mode di seri smartphone Samsung Anda. Namun biasanya, tombol-tombol tersebut merupakan kombinasi tombol-tombol seperti berikut.
    Volume Naik + Power + Tombol Home
    Volume Turun + Power
    Tombol Home + Power
  3. Setelah masuk ke recovery mode, pilih opsi wipe data/ factory reset. Perlu diperhatikan bahwa dalam recovery mode layar sentuh Anda tidak akan bisa digunakan untuk bernavigasi. Untuk mengarahkan pilihan Anda bisa menggunakan tombol volume naik turun dan tombol Power untuk memilih.
  4. Anda akan diminta mengkonfirmasi pilihan Anda, arahkan pilihan ke Yes
  5. Tunggu beberapa saat dan ponsel Anda akan selesai di Factory Reset
Catatan: Mungkin tidak semua  persis sama untuk langkah-langkah mereset smartphone samsung, tetapi yang perlu diingat adalah inti dari cara nya akan tetap sama meski langkah nya sedikit berbeda.

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 5:00 PM

0 comments:

Post a Comment