Cara Lengkap Membuat dan Menggunakan YouTube

Seiring dengan perkembangan internet yang makin menyentuh berbagai lapisan masyarakat dunia membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah. Informasi yang ada di internet bisa berupa apa saja, mulai dari berita terkini, artikel yang berisikan analisis, maupun media visual seperti video.
Dari berbagai situs serupa yang banyak bertebaran di dunia maya, Youtube merupakan salah satu situs berbagi video yang paling populer di dunia ini. Penggunanya sudah mencapai angka ratusan juta dan video yang ada di dalamnya sudah pernah diakses milyaran kali oleh orang-orang di dunia.
Youtube merupakan produk hasil karya Google dan tentu saja kita semua mengetahui jika produk buatan Google selalu menjaga agar terlihat simpel namun memiliki banyak fitur.

Youtube tidak pernah membatasi siapa yang bisa bergabung dan berbagi video di situsnya, Anda pun bisa melakukannya. Untuk bisa ikut berbagai video di Youtube, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan akun Anda di situs tersebut. Jika Anda tertarik, mari kita simak langkah-langkah berikut.

Cara membuat akun Youtube

Yang perlu Anda ketahui, Google menerapkan sistem satu ID untuk semua jenis layanan yang diberikannya. ID yang dimaksud ini tentu saja Gmail. Sekali Anda sudah memiliki akun Gmail secara otomatis email Anda akan bisa digunakan juga sebagai akun dalam berbagai layanan yang disediakan Google, Youtube salah satunya. Jadi jika Anda ingin membuat akun Youtube, Anda cukup membuat Akun Gmail dengan cara seperti berikut
  1. Buka Youtube di alamat http://www.youtube.com
  2. Pada bagian kanan atas, tekan tombol Sign In atau Masuk
  3. Pada jendela baru, tekan Create an Account atau Buat Akun Baru
  4. Anda akan diminta untuk mengisi secara lengkap mengenai data diri Anda pada form yang telah disediakan. Pastikan Anda memilih alamat email dan password yang unik namun bisa Anda ingat dengan mudah
  5. Anda akan diminta mengisi nomor telepon seluler Anda, lalu klik Lanjutkan atau Continue
  6. Buka handphone Anda, akan ada sms baru dari Gmail yang berisi kode verifikasi Anda. Masukkan kode tersebut di jendela yang disediakan dan klik Continue
  7. Akun Gmail selesai dibuat dan Anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagi video di Youtube.
Cara mengupload video di Youtube

Youtube adalah cara termudah jika Anda ingin berbagi momen-momen yang ada pada video yang Anda miliki kepada orang di seluruh dunia. Tentu Youtube akan melakukan sensor jika video yang Anda upload terbukti melanggar kebijakan yang dimilikinya. Namun di luar itu, mengupload video ke Youtube sangatlah mudah.
  1. Copy video yang ingin Anda upload dari kamera atau handycam ke komputer Anda. Jika Anda ingin mengedit video Anda sebelum menguploadnya inilah saatnya. Anda juga harus memastikan bahwa video tersebut ada dalam format yang disupport Youtube. Format tersebut antara lain AVI, 3GPP, MOV, MP4, MPEG, MPG, FLV, M4V, WMV, dan WEBM.
  2. Buka halaman Youtube dan sign in dengan akun Gmail Anda
  3. Di halaman selanjutnya cari tombol Upload dan klik
  4. Akan ada jendela yang muncul yang meminta Anda untuk menunjukkan file yang ingin Anda upload. Cari file tersebut dan klik Open untuk menguploadnya.
  5. Video Anda sedang dalam proses upload ke server Youtube, Anda tinggal menunggu hingga proses tersebut selesai. Lama atau tidaknya proses tersebut bergantung pada kecepatan internet Anda.
Catatan: Sekarang banyak ponsel yang sudah mendukung untuk merekam video, anda bisa langsung menggunakan ponsel untuk mengupload video ke youtube lewat aplikasi yang tersedia bagi masing-masing OS.

Written by : Unknown ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 1:56 PM

0 comments:

Post a Comment