Cara Install Aplikasi Android .apk Dari Komputer

Jika Anda pernah menggunakan iPhone tentu Anda tahu bahwa cara menginstall aplikasi satu-satunya tanpa perlu melakukan jailbreak adalah dengan mendownload dari Apple Store ataupun menggunakan iTunes. Namun Google selaku pencipta Android membebaskan penggunanya untuk menginstall aplikasi dari sumber non Google Play tentu saja dengan resiko keamanan yang harus ditanggung sendiri oleh para penggunanya.
Cara Install Aplikasi Android .apk Dari Komputer
Sebenarnya aplikasi Android diinstall dari sebuah file yang bisa dianggap sebagai installer aplikasi tersebut. File ini memiliki ekstensi .apk dan berfungsi seperti file dengan ekstensi .jar di ponsel-ponsel Symbian Nokia terdahulu. Jika Anda ingin menginstall suatu aplikasi dari sumber non Google Play maka file .apk lah yang akan Anda dapatkan. Proses instalasi tidak resmi ini biasa disebut sideloading. Untuk itu kami akan memberikan langkah-langkah dalam melakukan sideloading kepada Anda.

Berikut Cara Install Aplikasi Android .apk dari Komputer

1. Pindahkan file .apk dari komputer ke Android Anda
Agar bisa diinstall, file .apk harus dipindahkan ke Android Anda dan ingat-ingat di mana Anda memindahkannya.

2. Install file manager di Android Anda
File manager akan memudahkan Anda untuk mencari di mana file .apk yang ada di dalam storage Android Anda. Pada kebanyakan smartphone Android biasanya sudah dibekali dengan file manager nya sendiri-sendiri, seperti ES File Explorer di ponsel Samsung dan Astro di ponsel Sony. Jika Anda belum memilikinya, tinggal cari dan download dari Google Play karena ada banyak sekali pilihan aplikasi seperti ini.

3. Buka gembok sideloading aplikasi
Secara default Android Anda tidak akan mengizinkan Anda menginstal aplikasi di luar Google Play. Namun cara mengatasinya sangatlah mudah.

  • Buka setting
  • Pada Android 2.x pilih opsi Application dan beri centang pada Unknown Source
  • Pada Android 4.x pilih opsi Security dan beri centang pada Unknown Source

Yang perlu Anda ketahui aplikasi-aplikasi yang berasal bukan dari Google Play sangat berpotensi disusupi malware dan virus. Untuk itu, memiliki anti virus yang up to date sangat disarankan sebelum Anda melanjutkan langkah ini.

4. Install .apk dengan file manager

  • Buka file manager Anda dan cari file .apk yang sudah Anda pindahkan ke Android
  • Tekan pada file tersebut agar jendela instalasi muncul
  • Akan ada beberapa opsi, jika ada opsi scan&install maka sebaiknya pilih itu, jika tidak ada Anda bisa memilih verify&install atau opsi yang lain
  • Tunggu proses instalasi selesai dan Anda sudah selesai melakukan sideloading

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 4:00 PM

0 comments:

Post a Comment