Cara Membuat HP Android Menjadi Modem

Android adalah ponsel canggih yang bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari fitur standar ponsel seperti sms dan telepon, hingga internet berkecepatan tinggi dalam taraf 3G dan HSDPA. Selain fitur-fitur tersebut, Android juga pasti biasa Anda gunakan untuk memainkan berbagai game. Android juga bisa Anda gunakan sebagai PDA (personal digital assisstant) untuk membantu Anda mengatur berbagai jadwal penting.
 Cara membuat Android Jadi Modem
Android juga bisa Anda gunakan sebagai perangkat office yang memungkinkan untuk membuat berbagai dokumen yang biasa dibuat di komputer. Singkat cerita, Android yang ada saat ini hampir bisa menggantikan seluruh fungsi dasar sebuah komputer. Namun tahukah Anda bahwa ponsel Android yang Anda miliki itu bisa juga Anda gunakan sebagai modem untuk PC dan laptop Anda? Penggunaan Android sebagai modem ini disebut tethering. Cara untuk melakukannya juga sangatlah mudah.

Cara Membuat Android Menjadi Modem dengan Bantuan Kabel USB

Dengan hanya menggunakan kabel usb, Anda bisa mengubah Android Anda menjadi modem yang siap digunakan untuk mengakses internet dari PC atau laptop. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan Anda memiliki paket internet yang cukup untuk melakukan kegiatan internet di PC atau laptop
  2. Sambungkan kabel USB dengan smartphone dan PC atau laptop Anda
  3. Buka menu Setting atau pengaturan
  4. Langkah selanjutnya sangatlah bervariasi tergantung pada merk dan versi Android yang Anda gunakan karena berbeda ponsel bisa berbeda langkah. Pada intinya adalah Anda diharuskan mencari menu Tethering and Portable Hotspot. Pada beberapa Android, menu ini bisa langsung ditemukan ketika membuka Setting. Pada beberapa jenis lainnya Anda diharuskan untuk membuka menu Wireless and Networking terlebih dahulu untuk melihat menu ini. Dan pada beberapa Android lain Anda harus memilih More Settings pada layar Settings Anda.
  5. Setelah Anda membuka Tethering and Portable Hotspot, aktifkanlah fitur USB Tethering. Fitur ini secara otomatis akan menyambungkan konektivitas internet Android Anda ke PC atau laptop.
  6. Pada saat pertama kali Anda melakukan prosedur ini, Windows akan menginstal driver yang ia butuhkan untuk mengakui keberadaan Android Anda sebagai modem. Anda cukup menunggunya, dan bila berhasil Anda akan segera bisa menggunakannya untuk beraktivitas di internet.

Cara Membuat Android Menjadi Hotspot

Cara yang kami paparkan sebelumnya tentu bisa dijalankan hanya jika Anda membawa kabel USB ketika akan menyambungkan konektivitas internet Anda ke PC atau laptop. Cara tersebut juga membuat hanya satu PC atau laptop saja yang bisa terhubung. Bagaimana jika Anda tidak membawa kabel USB atau ingin membagi konektivitas internet Anda ke banyak laptop?

Kecanggihan Android membuatnya dapat dengan mudah bertransformasi menjadi hotspot instan yang bisa Anda gunakan di mana saja. Hotspot ini bisa digunakan oleh beberapa laptop secara sekaligus dan Anda tidak akan kerepotan harus membawa kabel USB ke mana-mana. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masih sama seperti cara sebelumnya, menu yang Anda butuhkan adalah Tethering and Portable Hotspot. Jika Anda belum bisa menemukannya, harap merujuk kembali pada langkah-langkah yang telah kami paparkan di atas.
  2. Pada menu Tethering and Portable Hotspot, pertama-tama terlebih dahulu atur detill hotspot yang ingin Anda buat dengan menu Configure Hotspot. Di sini Anda akan bisa mengubah nama serta password untuk mengakses hotspot Anda.
  3. Setelah selesai, aktifkan menu Portable Wi-Fi Hotspot dan secara otomatis Android Anda sudah bertransformasi menjadi sebuah hotspot. Anda tinggal mengaktifkan wi-fi di laptop dan meng connect kan dengan hotspot tersebut.

Written by : Unknown ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 11:00 AM

0 comments:

Post a Comment