Cara Melakukan Full Backup di Android

Android memang semakin sering digunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Oleh sebab itu, akan ada banyak informasi dan data-data berharga yang ada dalam Android kita. Mulai dari dokumen, foto, sms, kontak, dan sebagainya. Semua jenis data-data ini tentu tidak ternilai harganya dan akan sangat bisa membuat kita kebingungan jika data-data ini tidak bisa kita akses. Sebut saja jika ponsel kita rusak, diinstall ulang, di factory reset, serta yang paling buruk adalah dicuri.
 Cara Melakukan Full Backup di Android
Untuk mencegah hal-hal ini terjadi, ada baiknya Anda selalu rajin melakukan backup secara berkala terhadap berbagai informasi yang ada di dalam ponsel Android Anda. Namun, jika Anda kebingungan dalam melakukan backup di Android, kami akan memberikan beberapa cara untuk melakukannya.

Backup dengan menggunakan fitur bawaan Android

Google sebenarnya sudah menyediakan fitur bawaan dalam setiap Android Anda untuk melakukan backup secara otomatis ke server Google. Namun yang perlu Anda ingat adalah backup ini hanya bisa mengamankan data aplikasi Anda serta setting Android Anda. Data-data lain seperti foto tidak bisa di backup dengan menggunakan fitur ini. Untuk melakukannya:

  • Buka Setting
  • Buka menu Backup and Reset, atau jika tidak ada buka menu yang mengandung kata backup
  • Aktifkan opsi back up my data dan automatic restore
  • Pilih menu Backup account dan masukkan email serta password Anda dan pilih OK
  • Pilih Backup Now untuk mem backup data-data tersebut

Backup kontak dengan menggunakan fitur bawaan Android

Dalam urusan kontak, Android telah memiliki fitur tersendiri yang bisa mengamankan kontak yang Anda miliki dalam suatu file v-card yang bisa Anda simpan di Android atau SD Card Anda sebagai pengaman. Caranya sangatlah mudah

  • Buka menu kontak
  • Aktifkan opsi lainnya dengan menekan tombol opsi di ponsel Android Anda
  • Langkah selanjutnya mungkin berbeda antar ponsel Android. Yang harus Anda cari adalah menu yang bertuliskan Export Contact atau Backup Contact
  • Pada menu tersebut Anda akan ditawari beberapa opsi backup, Anda bisa memilih backup ke storage ponsel Anda maupun SD Card jika Anda memakai SD Card. Mem backup ke SD Card sangat disarankan karena jika Anda mem backup ke storage ponsel, backup tersebut bisa saja ikut terhapus jika Anda melakukan Factory Reset. Pilih menu backup yang Anda inginkan dan file backup akan terbentuk.

Backup dengan menggunakan aplikasi di Google Play

Ada banyak sekali aplikasi di Google Play yang menyediakan fitur backup terhadap keseluruhan data di Android Anda. Cukup search ‘backup’ pada boks pencarian di Google Play dan Anda akan langsung diarahkan ke berbagai aplikasi unggulan untuk melakukan backup. Install aplikasi tersebut dan jalankan. Biasanya aplikasi seperti ini dibuat dengan desain yang simpel dan cukup mudah dioperasikan sehingga Anda akan bisa melakukan backup kapanpun Anda mau.

Aplikasi-aplikasi ini juga rata-rata menyediakan jenis backup untuk segala macam data seperti foto, data aplikasi, kontak, kalender, dsb. Namun jika Anda melakukan Factory Reset atau mengupdate versi Android Anda, aplikasi yang sama harus diinstal kembali untuk melakukan restore karena biasanya file backup hanya bisa di restore dengan aplikasi pembuatnya.

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 3:00 PM

0 comments:

Post a Comment