Cara Mengubah Ukuran Foto (Resize) Secara Sekaligus

Fotografi tampaknya menjadi kebiasaan yang dimiliki oleh hampir setiap orang di dunia ini karena begitu mudahnya mendapatkan akses kamera yang memang terdapat di hampir setiap ponsel yang dijual di dunia ini. Bagi beberapa orang yang serius mendalami fotografi, kamera SLR dan DSLR tampaknya menjadi pilihan utama karena bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat prima. Di beberapa ponsel yang canggih, para produsennya juga tak segan-segan memasang kamera dengan kemampuan yang sangat tinggi.
 Daftar Tips dan Cara
Gambar yang prima ini tentunya datang dengan ukuran file yang cukup besar. Ukuran file yang besar ini nantinya akan cukup merepotkan Anda ketika misalnya Anda kehabisan space pada storage device Anda untuk menyimpan foto-foto baru. Menghapus foto lama Anda tentu bukan merupakan opsi yang baik. Namun jika Anda ingin tetap menyimpannya, Anda bisa mengecilkan ukuran banyak foto secara sekaligus.

Mengubah Ukuran Foto (Resize) Secara Sekaligus Dengan Photoshop

Photoshop adalah cara termudah jika Anda ingin mengecilkan ukuran banyak foto secara sekaligus. Dalam salah satu fiturnya yang dinamakan Image Processor, Photoshop bisa mengecilkan begitu banyak foto secara otomatis sementara Anda tinggal santai menunggu prosesnya. Caranya juga sangat mudah:

  1. Kumpulkan foto yang ingin Anda resize dalam satu folder
  2. Buat folder baru tempat Anda ingin menaruh foto Anda yang sudah dikecilkan
  3. Buka Photoshop
  4. Klik File, pada bagian Scripts carilah fitur ImageProcessor dan kemudian klik fitur tersebut
  5. Anda akan dihadapkan pada jendela Image Processor
  6. Pada bagian 1, klik Select Folder dan arahkan pada folder foto yang sudah Anda buat tadi
  7. Pada bagian 2, klik Select Folder dan arahkan pada folder tempat Anda ingin menaruh foto yang sudah dikecilkan
  8. Pada bagian 3, pastikan Anda memberi tanda centang pada bagian Resize to Fit dan kemudian ketikkan resolusi baru yang Anda inginkan. Perlu Anda ingat untuk memasukkan nilai yang sesuai dengan rasio aspek foto Anda. Jika berbeda, photoshop secara otomatis akan menyesuaikannya berdasarkan Width yang Anda masukkan
  9. Klik Run dan tunggu prosesnya selesai
  10. Foto yang sudah dikecilkan akan ada di dalam folder yang sudah Anda buat sebelumnya, mudah bukan?
Blog, Updated at: 2:16 PM

0 comments:

Post a Comment