HP Anda Lemot? Inilah Cara Overclock Android

Kepopuleran smartphone dan tablet Android memang semakin mendominasi pasar perangkat mobile di dunia ini. Begitu pula dengan pasar di Indonesia, saat ini sudah banyak sekali orang yang beralih menggunakan Android karena memang menawarkan fitur yang sangat futuristik.

Namun sayangnya perkembangan teknologi sangatlah cepat sehingga kadang kita tidak mampu menyesuaikannya. Baru satu tahun saja Anda membeli ponsel Android, mungkin untuk menjalankan game dan aplikasi terbaru Android Anda akan mulai hang dan mengalami lagging. Ini adalah hal yang wajar karena software baru pasti menginginkan spesifikasi yang lebih tinggi untuk bisa dijalankan.
Cara Overclock Android
Sebenarnya Android Anda menyimpan potensi yang lebih besar dibandingkan dengan spesifikasi yang Anda dapatkan ketika Anda beli. Pihak produsen sengaja mengatur agar clock speed Android Anda tidak ada di level maksimal agar lebih tahan lama untuk digunakan dan agar batereinya lebih awet. Namun sebenarnya ada cara overclock Android yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa Android Anda dilansir dari Android Geek.

Yang harus Anda ketahui sebelum mempraktekkan cara overclock Android

Ketika Anda melakukan overclock pada Android Anda, smartphone Anda akan bisa memberikan performa yang lebih tinggi saat digunakan. Mengoverclock Android tidak ada bedanya dengan mengoverclock PC, resikonya pun relatif sama. Anda tidak boleh asal dalam melakukan overclock Android karena bisa beresiko merusak hardware Android dan menghilangkan garansinya. CPU Android Anda bisa saja panas dan terbakar jika Anda terlalu tinggi mengeset clock speed yang Anda inginkan.

Melakukan overclock pada Android aman dilakukan jika Anda mengeset clock speed perangkat Anda 10% hingga 20% lebih tinggi daripada clock speed defaultnya. Anda bisa saja mengeset lebih dari itu namun CPU Anda akan cepat sekali panas dan baterei Anda akan cepat sekali habis. Jadi jangan sembarangan sebelum mempraktekkan cara overclock Android.

Sebelum melakukan overclock Android

Oveclock merupakan salah satu prosedur tidak resmi yang dijamin pasti akan menghilangkan garansi yang diberikan produsen atas perangkat Anda, jadi Anda harus mantapkan hati Anda sebelum melakukannya. Sebelum itu, Anda harus melakukan hal-hal di bawah ini.
  • Root smartphone atau tablet Anda. Overclock hanya bisa dilakukan jika perangkat Anda memiliki kernel khusus yang support overclock. Untuk bisa melakukan flashing kernel ini, perangkat Anda harus sudah dalam keadaan diroot. Perlu Anda ketahui bahwa proses rooting saja sudah bisa menghilangkan garansi bagi sebagian besar produsen smartphone.
  • Anda harus menginstal custom ROM terlebih dahulu untuk bisa menginstal kernel yang support overclock. Anda bisa melakukannya menggunakan CWM recovery atau TWRP recovery. Stock ROM tidak akan bisa digunakan jika Anda melakukan flashing kernel khusus yang support overclock.
  • Perlu Anda tahu bahwa banyak Custom ROM yang langsung memberikan kernel yang support overclock. Jadi sebenarnya Anda tinggal mencari custom ROM yang seperti ini untuk melakukan overclock. Jika custom ROM belum support Android, Anda harus mencari kernel secara manual.
  • Lakukan backup baik itu data internal seperti foto maupun backup sistem dengan Nandroid jika Anda ingin mengembalikan kondisi smartphone Anda seperti sebelum melakukan overclock.
  • Anda yang membutuhkan komuter dan kabel USB untuk melakukan overclock. Jangan lupa instal terlebih dahulu driver perangkat Anda serta software yang akan dibutuhkan untuk melakukan flashing (tiap merk smartphone memiliki software berbeda).
  • Anda harus mengecas baterei hingga penuh sebelum mempraktekkan cara overclock Android.
Cara Overclock Android

Seperti yang disebutkan di atas, Anda membutuhkan kernel khusus yang support overclock untuk bisa melakukan langkah-langkah ini. Anda juga harus sudah menginstal custom ROM pada perangkat Anda. Jika custom ROM yang Anda instal sudah memiliki kernel yang support overclock, maka Anda tidak perlu mencari kernel secara manual.

Mempunyai kernel yang support overclock saja belumlah cukup. Anda harus menginstal salah satu software di bawah ini: SetCPU, No-frills CPU Control, atau IncrediCPU. Aplikasi tersebut bisa didapatkan dengan mudah di Google Play dan memiliki interface yang sangat user friendly sehingga Anda tidak akan kebingungan. Anda tinggal mengeset clock speed CPU sesuai yang dianjurkan di atas dan melakukan restart. Demikianlah cara overclock Android, semoga berhasil.

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 8:00 AM

0 comments:

Post a Comment