Cara Menggunakan GPS Bermodal HP Android

GPS adalah salah satu teknologi umum yang wajib diketahui oleh setiap orang yang selalu membutuhkan navigasi untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. GPS akan sangat bisa membantun Anda agar tidak tersesat selama dalam perjalanan. GPS juga akan bisa memberitahukan di mana posisi Anda sekarang dan rute serta jarak yang harus Anda tempuh ke tujuan Anda. GPS pun hadir dalam berbagai macam bentuk. Yang paling lazim ditemui adalah GPS dalam bentuk smartphone. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan GPS tersebut walaupun sebenarnya sangatlah mudah.
Cara Menggunakan GPS
Dengan bantuan GPS, Anda juga bisa memantau kapan kira-kira Anda akan tiba pada tujuan Anda. Jika Anda masih tidak tahu cara menggunakan GPS pada Android, kami akan memberitahukannya melalui artikel ini dilansir dari WikiHow.

  1. Sebelum Anda belajar cara menggunakan GPS, pastikan Anda sudah memiliki aplikasi Google Maps terinstal pada smartphone ini. Secara default biasanya maps akan terinstal pada smartphone Android Anda, namun jika belum Anda bisa mendownloadnya di Google Play. Setelah terinstal, pastikan juga paket internet Anda aktif karena cara menggunakan GPS mensyaratkan hal tersebut.
  2. Buka aplikasi Google Maps/ Maps yang sudah terinstal tadi.
  3. Pada bagian pojok kanan bawah, tekan sebuah tombol yang berbentuk seperti target dan Anda akan dibawa ke dalam menu Settings Location.
  4. Pastikan Anda mengaktifkan opsi GPS positioning dalam setting tersebut dan tekan Back
  5. Tunggu beberapa saat karena smartphone Anda sedang mengontak satelit GPS untuk menentukan posisi Anda sekarang. Waktu tunggu setiap smartphone berbeda-beda tergantung kualitas GPS yang dibenamkannya. Ada yang dalam hitungan detik hingga hitungan menit.
  6. Jika GPS sudah mengunci lokasi Anda maka secara otomatis maps akan berpindah lokasi menuju lokasi Anda sekarang.
  7. Jika Anda ingin mendapatkan petunjuk arah, Anda tinggal menekan tombol panah miring yang ada di pojok kanan atas layar Anda.
  8. Anda akan diminta memasukkan lokasi yang ingin Anda tuju dan setelah itu Anda akan diarahkan ke lokasi tersebut.
  9. Anda tekan sekali tombol panah miring tersebut dan Anda akan di bawa ke menu rute. Pastikan Anda mengisi dengan benar, secara default biasanya posisi awalnya adalah pada my location dan posisi akhirnya pada tempat yang Anda tuju. Anda tinggal mengonfirmasinya untuk mendapatkan rute yang Anda inginkan.

Itu tadi cara menggunakan GPS yang bisa kami berikan pada Anda. Android memang sangat bisa membantu hidup kita, oleh karena itu sebaiknya Anda harus bisa menguasai semua fitur dasarnya.

Written by : Unknown ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 9:00 AM

0 comments:

Post a Comment