Cara Gampang Upgrade OS Android

OS adalah salah satu komponen utama dalam sebuah Android. Tanpa adanya OS, Android Anda hanya merupakan seonggok barang yang tidak bisa melakukan apapun, bahkan tidak bisa menyala. Google secara berkala menerapkan upgrade pada OS Android yang dibuatnya.

 Ketika Google menerapkan upgrade terbaru, maka para vendor produsen smartphone Android akan segera mengadopsinya untuk kemudian dibuatkan upgrade Android bagi ponsel-ponsel yang mereka jual. Mengupgrade versi Android membawa banyak keuntungan bagi penggunanya. Antara lain adanya peningkatan efisiensi penggunaan baterai dan memori, dukungan terhadap berbagai hardware smartphone terbaru, dan lain sebagainya.
Selain melakukan upgrade versi OS, tak jarang para vendor produsen Android juga menerapkan update-update firmware secara berkala kepada beberapa ponsel spesifik yang dibuatnya. Update firmware ini biasanya ditujukan untuk mengurangi dan mengatasi bug yang ditemukan pada versi firmware yang sebelumnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga OS Android Anda dalam keadaan yang up to date baik dari segi versi Android maupun dari segi firmware.

OS yang up to date akan memberikan manfaat yang maksimal terhadap segala aktivitas yang Anda lakukan dengan smartphone Android tersebut. Jika adalah langkah mudah dalam menerapkan ugrade OS Android.

Cara melakukan update firmware Android

Demi kelancaran Anda dalam menggunakan Android dari berbagai bug yang mungkin muncul, sangat disarankan bagi Anda untuk menerapkan update firmware begitu update tersebut tersedia. Ada 2 cara dalam melakukan update ini, yaitu dari Android langsung dan dengan menggunakan bantuan software di komputer.

1. Update firmware Android langsung di smartphone
  • Pastikan update tersebut telah ada. Pada beberapa smartphone, begitu ada update atas firmware Android mereka penggunanya akan diingatkan dan peringatan tersebut bisa dikonfirmasi dengan sangat mudah untuk meng update. Namun pada beberapa smartphone lainnya, Anda diharuskan aktif untuk mengecek status nya pada fitur Software Update
  • Pastikan berbagai data penting yang ada di Android telah Anda backup
  • Pergi ke Setting dan pilih About Phone
  • Pada opsi paling atas, pilih software update dan Android Anda akan menjalankan update secara otomatis
2. Update firmware Android melalui software pendamping di komputer
  • Pada beberapa Android versi lama, proses update software biasanya harus dilakukan menggunakan bantuan software pendamping masing-masing produsen misalnya saja Samsung dengan Samsung Kies nya.
  • Carilah fitur update dalam software tersebut dan segera terapkan di Android Anda
Cara melakukan upgrade versi Android

Upgrade versi Android tergolong update skala besar yang akan membawa banyak perubahan bagi smartphone Anda. Jika update firmware ditujukan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan kualitas beberapa fitur di Android, maka upgrade versi Android akan membawa berbagai fitur baru yang diciptakan oleh Google. Hingga saat ini, versi Android teranyar merupakan Android 5.0 dengan nama Lollipop, dan baru sedikit smartphone Android yang bisa menikmatinya.

Karena upgrade versi Android merupakan update besar, biasanya Anda harus melakukannya dengan bantuan software pendukung masing-masing brand. Caranya:
  • Cari software terbaru pendukung smartphone Anda di website masing-masing brand
  • Install software tersebut
  • Pastikan upgrade versi OS telah tersedia
  • Lakukan backup total pada Android Anda
  • Cari fitur upgrade pada software tersebut
  • Terapkan upgrade tersebut pada smartphone Anda
  • Proses upgrade mungkin memakan waktu lebih lama dibandingkan update firmware biasa sehingga Anda disarankan untuk lebih sabar dalam menunggu.

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 10:38 AM

0 comments:

Post a Comment