Cara Screenshoot di HP Android

Salah satu fitur pendukung pada smartphone Android yang paling banyak dicari-cari dan digunakan oleh para penggunanya adalah fitur screenshot. Sayangnya masih banyak sekali para pengguna Android awam yang belum menyadari bagaimana cara screenshot pada Android.

Fitur screenshot ini sangat berguna karena bisa mengambil gambar apapun yang sedang ditampilkan oleh layar Android Anda. Mulai dari percakapan, gambar, hingga info-info penting yang mungkin terlalu lama untuk diketikkan dalam kata-kata akan menjadi sangat mudah untuk disampaikan jika menggunakan screenshot.
Cara Screenshoot di HP Android
Menyadari akan pentingnya fitur ini, Google secara resmi memberikan seluruh perangkat yang menggunakan sistem operasi mulai dari Android Ice Cream Sandwich fitur screenshot. Pada perangkat Android yang memiliki sistem operasi sebelum ICS juga ada yang sudah dilengkapi fitur ini secara default oleh masing-masing pembuatnya, namun tentu masih banyak yang tidak memilikinya.

Sebenarnya, cara mengambil screenshot pada Android sangatlah mudah karena memang sudah dijadikan salah satu fitur dasar yang melekat pada sistem operasi. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara screenshot pada Android untuk Anda.

Cara Screenshot pada Android dengan menggunakan fitur asli Android
  1. Pastikan perangkat Android Anda memiliki sistem operasi minimal Android 4.0 Ice Cream Sandwich.
    Anda bisa mengecek versi Android pada ponsel Anda pada bagian setting > about phone > Android version, dan lihat angka yang tertera di bawahnya. Pada ponsel Android sebelum ICS ada yang sudah memiliki fitur ini namun jumlahnya cukup sedikit.
  2. Arahkan layar pada bagian yang ingin Anda ambil gambarnya
    Fungsi screenshot pada Android akan menangkap apapun yang sedang ditampilkan layar ponsel Anda dan mengubahnya dalam format gambar (*.jpg).
  3. Tekan kombinasi tombol screenshot
    Untuk setiap merk ponsel biasanya memiliki kombinasi tombol yang berbeda untuk mengaktifkan fitur screenshot dan mengambil gambar yang ada pada layar. Namun yang jelas, ponsel Anda akan memberi tahu Anda ketika fitur screenshot sedang aktif dan sudah mengambil gambar layar. Biasanya animasi yang akan muncul adalah layar yang terbikai dan disertai suara tombol kamera yang sedang ditekan. Beberapa kombinasi dari merk-merk ponsel antara lain:
    - Ponsel Android Samsung: menekan bersamaan tombol Power dan Home
    - Ponsel Android HTC: menekan bersamaan tombol Power dan Home atau Tombol Power dan Volume Down
    - Ponsel seri Nexus: menekan bersamaan tombol Power dan Volume Dow
    - Untuk selain ponsel merk di atas Anda bisa mencoba sendiri kombinasi tombol yang disebutkan sebelumnya karena biasanya kombinasi tombolnya sama.
  4. Tunggu screenshot selesai
    Tergantung dari kecepatan prosesor Anda, ponsel akan membutuhkan waktu untuk bisa mengubah screenshot Anda menjadi file gambar. Ponsel Anda akan memberitahukan begitu file gambar sudah selesai dibuat dan Anda tinggal buka pada galeri foto Anda dan secara otomatis akan berada pada folder Screenshots.
Cara screenshot pada Android dengan menggunakan aplikasi
Jika ponsel Anda memiliki sistem operasi di bawah ICS maka secara default fitur screenshot tidak akan tersedia bagi ponsel Anda. Namun selain menggunakan fitur asli bawaan Android, sebenarnya screenshot juga bisa dihasilkan dengan cara menginstal aplikasi dari Google Play yang bisa melakukan fungsi yang sama. Caranya juga sangat mudah.
  1. Buka Google Play dan cari aplikasi dengan kata kunci ‘screenshot’
    Ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur ini, Anda hanya tinggal memilih aplikasi yang gratis dan banyak diunduh orang lain. Memperhatikan bagian komentar dan review juga sangat berguna dalam menentukan pilihan aplikasi mana yang akan Anda install.
  2. Install dan jalankan aplikasi
    Setelah Anda menginstal aplikasi tersebut, jalankan aplikasinya dan biasanya Anda akan diberikan panduan untuk mengambil screenshot dengan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi akan meminta Anda untuk menekan kombinasi tombol tertentu ketika akan mengambil screenshot dan beberapa aplikasi lain akan menambahkan suatu tombol di layar ponsel Anda yang berfungsi menjadi tombol untuk mengambil screenshot.
  3. Arahkan ke layar yang ingin diambil screenshotnya dan ambil screenshot Anda. Langkah selanjutnya sama dengan panduan sebelumnya.
Begitulah cara screenshot pada Android. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Written by : Chio Chyo ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 9:52 AM

0 comments:

Post a Comment