Biar Tampilannya Jadul Game Flappy Bird Bikin Ketagihan Pengguna Android

Para penggila game di Android dan iOS saat ini mempunyai kebiasaan baru. Akhir-akhir ini banyak pemakai smartphone yang terhipnotis dengan sebuah game baru yang diberi nama "Flappy Bird". Apa menariknya game yang terkesan jadul itu bisa menjadi fenomenal? Kenapa kian banyak saja yang membahasnya di sejumlah jejaring sosial? Sekalipun bila menyaksikan tampilan game ini tampak biasa saja dan tidak sulit untuk memainkannya.
game flappy bird
Game Flappy Bird


Sebuah perusahaan mobile advertising NativeX yang diwakili oleh Sarah Young mencoba menelaah kenapa game Flappy Bird jadi begitu digandrungi. Salah satu sebabnya adalah aturan main game yang mengandalkan kelincahan tersebut dapat dimainkan dengan waktu yang tak terlalu lama dengan begitu player secara tak sadar mengulanginya terus ketika game over. Player lantas ingin memamerkan skor yang diraihnya pada teman -temannya. Akibatnya efek berantai di sejumlah media sosial populer semacam Facebook, Twitter maupun Path. Kecuali skor, para penggila game Flappy Bird pun senang berbagi mengenai usahanya untuk mencapai nilai tertentu.

"Permainan ini menjadikan setiap pemainnya kecanduan," kata Young. Di samping itu game Flappy Bird pun memberikan unsur kompetitif dan menantang, perlu kemampuan lbih, waktu permainan yang sebentar, susah untuk memenangkannya, dan pemain game seakan akan sedang game 8 bit di masa silam

Game Flappy Bird jadi game favorit pada platform Android dan iOS dalam beberapa minggu terakhir ini. Kendati tampilannya minimalis kalau tak mau dibilang primitif, akan tetapi game ini mempunyai gameplay yang sulit. Popularitas game Flappy Bird tak menggunakan promosi besar-besaran, spam di situs social network, maupun  promosi berbayar maupun artikel review palsu. Popularitasnya asli lantaran game ini sukses menjadikan banyak orang penasaran.

Pada game ini, player mesti mempertahankan supaya seekor burung tetap terbang mengepakkan sayapnya lewat mengetuk-ngetuk layar handphone. Tidak sekadar terbang saja, akan tetapi tantangannya di situ ialah mempertahankan supaya burung itu tak menabrak pipa-pipa dengan warna hijau dengan terbang lewat celah-celah pipa. Sejumlah pipa hijau itu sekilas menyegarkan ingatan kita terhadap game Mario pada platform Nintendo.

Artikel Terkait :
Blog, Updated at: 9:43 AM