Tips Dalam Menghadapi Ujian Nasional 2014

Tips Ujian Nasional - Apakah anda telah menyiapkan diri untuk ujian nasional? baiknya anda telah menyiapkan diri untuk hadapi ujian nasional, meskipun masih terhitung berapa bulan lagi. Tetapi bila anda bingung perihal apa yang perlu disiapkan dalam ujian nasional nanti, dibawah ini admin bakal berikan panduan dalam hadapi ujian nasional, info lengkapnya silakan dikaji penjelasan di bawah ini : 

Tips Dalam Menghadapi Ujian Nasional
Tips Dalam Menghadapi Ujian Nasional

1. Jaga Kesehatan
Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, kurang gairah, kesehatan itu mahal, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat ke dokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, tidak bergairah dan lemas, Masa depan kita akan jadi taruhannya.

2. Ikuti program pembelajaran di sekolah dengan baik
Jika tubuh kita terasa sehat, penuh semangat, maka hidup secara otomatis kita akan di penuhi dengan gairah dan kebahagiaan yang begitu besar, didalam mengikuti program mata pelajaran di sekolah pun akan lebih bersemangat.

3. Persiapkan diri Banyak berlatih dengan soal
Dari tahun ketahun yang namanya ujian ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda, untuk itu, banyak-banyaklah berlatih soal, pahami tiap bentuk soal, pada dasarnya, yang membedakan hanya susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, Insyah Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.

4. Buat jadwal belajar mulai dari sekarang
Point keempat ini juga gak kalah penting suatu hal yang tertekstur dan teratur pola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, misal pad hari senin kita belajar bahasa indonesia, dan hari selasa khusus mempelajari matematika, hari rabu mempelajari ipa, biologi, kimia dan fisika, hari kamis belajar bahasa Inggris dan seterusanya.

5. Belajar Kelompok
Belajar kelompok, membahas soal dan saling bantu, kadang kala belajar sendiri tidak terlalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng , mungkin tips ini cocok buat kamu. Pahamilah diri sendiri dan dan lalukan kemauanmu sendiri, dengan demikan kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy tidak ada rasa terpkasa.

6. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Belajar pada saat mood, meski sebentar akan lama di memori. Itu sebagai saran dari teman, tapi kapan mood belajar itu muncul? Bisa jadi mood itu baru muncul saat ujian nasional sudah dekat, bisa bisa kacau balau.

7. Berdoa
Mintalah doa restu dari kedua orang tua, salah satu doa yang paling mujarrab adalah doa orang tua kepada anaknya. Mintalah restu kepada kedua orang tua kamu. Hal ini dapat menambah rasa pecaya diri yang luar biasa bagi kamu.

8. Jangan Lupa Sarapan
Hal ini yang penting, saking semangatnya mengikuti ujian, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita tidak bisa berfikir maksimal kalu perut belum terisi, logika gak jalan tanpa logistik.

9. Memanfaatkan Moment
Memmanfaatkan moment sebelum ujian untuk meriview materi ujian, dengan tujuan sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka buka lagi materi pelajaran yang telah kita baca sebelumnya, tapi bukan di baca secara keseluruhan, akan tetapi hanya meriview sesaat saja.

10. Kumpulkan Referensi
Selalu bertanya kepada guru atau kakak kelas kita saat mereka menghadapi ujian atau saat ujian nasional, apa yang mereka rasakan ataukah kiat-kiat mereka dalam melaksanakan ujian.

Sekian artikel pendidikan  perihal strategi kiat hadapi tes ujian nasional, semoga dengan mengaplikasikan panduan di atas Anda bisa lulus ujian nasional tahun 2014. Baca juga tips menarik lainnya di blog ini, seperti tips internet.

Artikel Terkait :

Written by : Unknown ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 9:36 PM