Penggemar Buah Wajib Baca yang Satu Ini

Kita semua tentunya tidak ingin sakit, kalau bisa seumur hidup tubuh kita selalu sehat dan bugar. Tapi kebiasaan buruk kita dalam hal makan lah salah satu yang membuat kita sering sakit. Kita tahu bahwa buah adalah sehat bagi tubuh, namun tidak sehat bila cara makannya keliru. Nah, bagaimana sih cara makan buah yang sehat itu? Ada satu lagi rahasia lain menyangkut pola makan yang sehat yaitu usahakan agar tidak memasukkan cairan apapun ke dalam tubuh selama makanan tengah dicerna dalam perut. Maksudnya, jangan minum saat proses makan belum selesai, karena itu akan mencairkan getah pencernaan dan memperlambat proses pencernaan. Kemudian, biasakan untuk tidak makan menjelang tidur. Kalau ingin mengkonsumsi sesuatu setelah jam sembilan malam, hanya makanlah buah-buahan. Nah, ngomong-ngomong soal buah-buahan,kebanyakan orang tidak tahu Cara memakannya yang memungkinkan tubuh memanfaatkan kandungan gizinya yang efektif.
sehat dengan buah
Sehat Dengan Buah


Kalau ingin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, kita harus memakan buah-buahan itu selagi lambung kita kosong. Mengapa? Karena buah tidak dicernakan dalam lambung, buah dicernakan dalam usus halus. Buah dirancang untuk melewati lambung dalam beberapa menit, dan kemudian langsung ke usus halus, tempat kandungan gulanya dilepaskan. Nah, apabila kita memakan buah selagi lambung tengah mencerna daging atau makanan lain yang baru kita makan, maka buah yang kita makan itu akan terjebak di dalam lambung dan kemudian meragi di situ. Pernahkah Anda makan buah sebagai pencuci mulut (penutup acara makan setelah kenyang) dan kemudian merasakan perut menjadi kembung dan tubuh terasa tidak enak sepanjang hari? Sebabnya adalah karena Anda memakan buah selagi lambung tidak dalam keadaan kosong.

Buah adalah makanan paling sempurna. Hanya membutuhkan energi paling sedikit untuk dicernakan dan manfaatnya paling banyak. Satu-satunya makanan yang dapat digunakan oleh otak hanyalah glukosa. Nah, buah mengandung banyak fruktosa yang mudah diubah menjadi glukosa. Buah juga mengandung 90% sampai 95% air. Ini berarti buah membersihkan sekaligus merawat tubuh secara bersamaan. Buah adalah makanan terbaik yang dapat melindungi kita dari serangan jantung. Buah mengandung bioflavinoids, yang menjaga keenceran darah sehingga tidak menyumbat pembuluh darah. Buah juga memperkuat pembuluh kapiler jika pembuluh ini lemah biasanya sering menyebabkan perdarahan dalam dan serangan jantung. Buah juga baik (bahkan sangat baik) jika digunakan sebagai sarapan pagi, sebelum kita makan apapun! Apakah ini terdengar seperti bercanda? Tidak. Membuka hari dengan mengkonsumsi buah akan menjadikan tubuh terasa segar sepanjang hari. Pernah breakfast dengan apel merah? Sungguh anda perlu mencobanya.


Artikel Terkait :

Written by : muhammad hakum ~Tips & Cara

Blog, Updated at: 6:13 AM